Kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan , tema : memperkokoh wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara



Medan - OP Ladon News.Com


Nilai - nilai dasar yang  menguatkan wawasan kebangsaan adalah :
- pengorbanan , kesediaan mereduksi berbagai kepentingan sendiri (pribadi ,daerah, golongan dan sebagainya ) untuk lebih mengedepankan kepentingan bersama . 
- Kesederajatan , kesediaan mengambil peran yang sama dalam perjuangan mewujudkan cita - cita bersama ( mencapai taraf kehidupan yang lebih sejahtera . Nilai ini juga mendorong sikap untuk mengambil peran dalam menciptakan perdamaian abadi di Dunia , di antara bangsa - bangsa.
-  Kekeluargaan , kesediaan untuk menjalin hubungan harmonis antar kelompok masyarakat bangsa dan antar bangsa yang saling membutuhkan , tanpa harus mengorbankan eksistensi kultural ataupun kepentingan nasional  , demikian yang di sampaikan Dr.Drs Bangun Sitohang , MM , sebagai pemateri  kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan dengan tema memperkokoh wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di hotel miyanna jalan H . Anif no 28 Medan , tanggal 2 mei 2024. 

Kegiatan sosialisasi ini di hadiri oleh : 
 1. Korps Bela Negara Indonesia
2. Forum Bela Negara Indonesia 
3. Komponen Cadangan Sumatera Utara 
4. Purna Paskibraka Sumatera Utara 
Jumlah 100 org

Beberapa materi yang di sampaikan oleh Dr.Drs. Bangun Sitohang , MM di antaranya: 
- pemahaman dasar wawasan kebangsaan
- nilai - nilai dasar yang menguatkan 
wawasan kebangsaan 
- mengapa diperlukan penguatan wawasan kebangsaan ?
- tanggung jawab siapa penguatan wawasan kebangsaan 
- memaknai wawasan kebangsaan dalam konsepsi Pancasila 
- memaknai wawasan kebangsaan dalam konsepsi UUD 1945
- Bhinneka tunggal Ika 

Dr.Drs. Bangun Sitohang , MM mengatakan tujuan dari sosialisasi ini adalah : untuk memperkuat pemahaman setiap warga negara Indonesia tentang pentingnya 4 konsensus berbangsa dan bernegara ( nilai Pancasila, norma, UUD 1945 , dan turunannya , semangat bhinneka tunggal Ika, dan menjaga keutuhan NKRI) sehingga nilai luhur para pendiri bangsa Indonesia dapat terwariskan , lintas generasi sejak kemerdekaan bangsa sampai menuju Indonesia emas . Khususnya bagi generasi muda milenial dan generasi zet ( sesuai sensus penduduk 2020 ) yang jumlahnya hampir 60% , sehingga bisa menentukan Indonesia emas 2045 , 100 tahun Indonesia merdeka, tegasnya .

Kegiatan sosialisasi ini di adakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik , panitia mengatakan tujuan di adakan nya kegiatan ini untuk melakukan edukasi tentang perlunya wawasan kebangsaan bagi masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pungkasnya
Acara berjalan lancar dan kondusif .Pungkas.
(Erni)

Posting Komentar

0 Komentar