Heboh Penumpukan Paket Sembako di BPBD Tebing Tinggi.





Tebing tinggi - OP Ladon News.Com 

Pemberitaan penemuan Penumpukan Paket 
Sembako (sembilan bahan pokok ) menjadi perhatian kasat Reskrim Polres Tebing Tinggi untuk menelusuri.

Hal ini di katakan Kasat Reskrim Polres Tebing Tinggi KBP. Junisar  Rudianto, SH.MH, di ruangan kerjanya Pada Hari 
Rabu, ( 22 Desember 2021).

Melakukan koordinasi dengan BPBD Tebing Tinggi Yang  terkait adanya Berita online yang berisikan "Ada Penumpukan  Paket Sembako di Dinas BPBD, Wakil Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi Minta APH Segera Menindaklanjuti"

Atas adanya berita tersebut Tim Unit - II turun ke TKP yang dihadiri oleh, Drs. Wahid Sitorus  (Kepala BPBD Tebing Tinggi).Riza Eiflal, SH (Inspektorat Tebing Tinggi)
Awaluddi Ritonga, SPd., MPd (Inspektorat Tebing Tinggi)
4. Muhamadd Hatta, ST (Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi)
5. Legino, SE. M.SI (Kabid Kedaruratan dan Logistik)
6. Sri imelda A. Panggabean, SE (Kasubbag Umum dan Kepegawaian).

Hasil koordinasi dengan pihak BPBD, antara lain Bahwa Paket sembako yang ada didalam gudang sebagaimana yang diberitakan tersebut merupakan Paket sembako yang bersumber dari a). Bantuan Hibah Masyarakat Tahun 2020. Pengadaan Paket Sembako bulan Desember Ta. 2019/2020

Bantuan Paket sembako tersebut dipergunakan untuk Bencana Banjir yang terjadi pada bulan November 2020.

Sebabnya Paket   sembako Yang  disimpan didalam gudang hingga kadaluarsa dan rusak karena barang tersebut adalah untuk persiapan bantuan Bencana berikutnya karena pada saat terjadinya Bencana Banjir di Kota Tebing Tinggi pada bulan November 2020. sembako untuk bantuan telah mencukupi sehingga sisa Paket sembako yan belum dibagikan disimpan sebagai logistik.

Pada  saat Banjir  Tahun2021 .Bahan sembako tersebut tidak dapat dibagikan kepada masyarakat karena Paket  sembako telah kadaluarsa

Adapun rincian barang  Bantuan Masyarakat Tahun 2020. dan Pengadaan Paket Sembako bulan Desember 2019 tersebut antara lain 
a). Bantuan Masyarakat Tahun 2020 berupa Mie Instan sebanyak 500 kotak yang sudah disalurkan sebanyak 284 kotak sedangkan sisa yg blm disalurkan sebanyak 216 kotak (dalam keadaan Expired dan rusak)

Pengadaan Paket Sembako bulan Desember Ta. 2019 sebanyak 490 paket, sudah disalurkan sebanyak 420 paket sedangkan sisa sembako yg blm dibagikan sebanyak 70 paket (dalam keadaan Expired dan rusak). Adapun isi dari paket sembako tersebut antara lain  1). 5 bungkus Mie Instan 2). 1 liter minyak goreng 3). 1 bh Pasta Gigi  dan 4). 1 Kg Gula Pasir.

Mekanisme pengadaan barang untuk bantuan Paket sembako yang berdampak bencana pada Tahun 2020. yaitu barang disiapkan sebelum ada terjadinya Bencana, sedangkan untuk tahun 2021. pengadaan sembako utk bencana disiapkan setelah adanya terjadi Bencana karena dikawatirkan terjadi seperti tahun sebelumnya yaitu banyak barang yang kadaluarsa dan rusak 

Barang yang telah  kadaluarsa dan yang telah rusak tersebut  direncanakan akan dihapukan pada akhir bulan Desember 2021 . sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana No. 4 Tahun 2009 tentang Pedoman Bantuan Logistik.(Rais).

Posting Komentar

0 Komentar